Mn. Strategik

Program Studi  :    Manajemen
Mata Kuliah     :    Manajemen Strategic
Jumlah SKS     :    3 SKS
Deskripsi Mata Kuliah        :    

Dalam   mata   kuliah ini akan dibahas bagaimana cara  menyusun dan merumuskan strategi perusahaan atas dasar visi, misi perusahaan beserta dasar pemikiran swot analisis. Berbagai masalah yang berhubungan dengan penentuan strategi perusahaan yang  menyeluruh juga merupakan bagian yang terpenting sebagai dasar penyajian agar terjadi pemikiran yang integral dan komprehensip terhadap perubahan. Dalam materi  mata  kuliah  ini akan membahas tentang proses dan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam penyusunan/perumusan strategi perusahaan yang antara lain terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu  pembuatan visi  dan  misi  perusahaan yang relevan, menetapkan tujuan umum perusahaan maupun tujuan khusus/sasaran perusahaan sampai akhirnya mengembangkan suatu strategi baik ditingkat perusahaan maupun ditingkat fungsional. Pada mata kuliah ini dibahas mengenai bagaimana melakukan pengamatan atas lingkungan eksternal dan internal perusahaan  yang  menjadi dasar dalam perumusan strategi perusahaan. Selanjutnya akan dibahas secara garis besar polapikir tentang penerapan rencana, yang mana  dengan  rencana yang  telah disusun dapat menciptakan  koordinasi kerja  yang baik dan dapat diketahui dengan jelas tantangan-tantangan  yang harus dihadapi. Pada akhir  mata kuliah ini dibahas tentang peranan penyusunan pelaporan  sebagai alat  untuk melakukan pengendalian atas pelaksanaan rencana- rencana dengan membandingkan  laporan pelaksanaan dengan rencana-rencana yang telah ditetapkan.

Capaian Pembelajaran         :    

Setelah pembelajaran, setiap peserta didik diwajibkan menyelesaikan suatu kasus perusahan yang berkaitan dengan pembahasan di mata ajaran ini dan berdasarkan situasi perusahaan di Indonesia. Setiap peserta didik diwajibkan membuat  kelompok  kerja dan mulai mencari perusahaan sebagai sarana studi kasus dengan  cara  kunjungan langsung/field trip atau dari sumber lainnya yang  lengkap untuk selanjutnya di-scanning, di-audit dan dianalisis berdasarkan materi yang diterima setiap minggunya atas pengarahan dosen pengampu untuk dilaporkan perkembangan kajiannya.

PERTEMUAN: 

  1. PENGANTAR EKONOMSTRATEGI
  2. STRATEGI DALAM PROSES MANAJEMEN STRATEJIK
  3. LINGKUNGAN EKSTERNAPERUSAHAANANALISIINDUSTRI DAPESAING
  4. LINGKUNGAN INTERNAL: SUMBER DAYA, KAPABILITAS DAKOMPETENSI INTI
  5. MERUMUSKAN VISI DAN MISI
  6. FORMULASI DAN SAFARSTRATEGI
  7. STRATEGI BERSAING PADUNIT BISNIS
  8. UTS
  9. STRATEGKORPORAT
  10. STRATEGI INTERNASIONAL
  11. STRATEGI ALIANSSTRATEJIK
  12. TATA KELOLA KORPORAYANG BAIK
  13. STRUKTUR DAN DESAIORGANISASI
  14. KEPEMIMPINAN STRATEJIK
  15. PENGENDALIAN, EVALUASIDAN KINERJA STRATEGIK 
  16. UAS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda Pengunjung Ke