Program
Studi : Manajemen
Mata Kuliah : Manajemen
Strategic
Jumlah SKS : 3 SKS
Deskripsi Mata
Kuliah :
Dalam mata kuliah ini akan dibahas
bagaimana cara menyusun dan merumuskan strategi perusahaan
atas dasar visi, misi perusahaan beserta dasar pemikiran swot
analisis. Berbagai masalah yang berhubungan dengan penentuan strategi
perusahaan yang menyeluruh juga merupakan bagian yang terpenting
sebagai dasar penyajian agar terjadi pemikiran yang integral dan komprehensip terhadap
perubahan. Dalam materi mata kuliah ini
akan membahas tentang proses dan langkah-langkah yang harus
dilakukan dalam penyusunan/perumusan strategi perusahaan yang antara
lain terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu pembuatan
visi dan misi perusahaan yang relevan,
menetapkan tujuan umum perusahaan maupun tujuan khusus/sasaran perusahaan
sampai akhirnya mengembangkan suatu strategi baik ditingkat
perusahaan maupun ditingkat fungsional. Pada mata kuliah ini dibahas mengenai
bagaimana melakukan pengamatan atas lingkungan eksternal dan internal
perusahaan yang menjadi dasar dalam perumusan strategi
perusahaan. Selanjutnya akan dibahas secara garis besar polapikir tentang
penerapan rencana, yang mana dengan rencana yang telah
disusun dapat menciptakan koordinasi kerja yang
baik dan dapat diketahui dengan jelas
tantangan-tantangan yang harus dihadapi. Pada
akhir mata kuliah ini dibahas tentang peranan penyusunan
pelaporan sebagai alat untuk melakukan pengendalian atas
pelaksanaan rencana- rencana dengan membandingkan laporan
pelaksanaan dengan rencana-rencana yang telah ditetapkan.
Capaian
Pembelajaran :
Setelah pembelajaran, setiap peserta didik diwajibkan menyelesaikan suatu kasus perusahan yang berkaitan dengan pembahasan di mata ajaran ini dan berdasarkan situasi perusahaan di Indonesia. Setiap peserta didik diwajibkan membuat kelompok kerja dan mulai mencari perusahaan sebagai sarana studi kasus dengan cara kunjungan langsung/field trip atau dari sumber lainnya yang lengkap untuk selanjutnya di-scanning, di-audit dan dianalisis berdasarkan materi yang diterima setiap minggunya atas pengarahan dosen pengampu untuk dilaporkan perkembangan kajiannya.
PERTEMUAN:
- PENGANTAR EKONOMI STRATEGI
- STRATEGI DALAM PROSES MANAJEMEN STRATEJIK
- LINGKUNGAN EKSTERNAL PERUSAHAAN: ANALISIS INDUSTRI DAN PESAING
- LINGKUNGAN INTERNAL: SUMBER DAYA, KAPABILITAS DAN KOMPETENSI INTI
- MERUMUSKAN VISI DAN MISI
- FORMULASI DAN SAFARI STRATEGI
- STRATEGI BERSAING PADA UNIT
BISNIS
- UTS
- STRATEGI KORPORAT
- STRATEGI INTERNASIONAL
- STRATEGI ALIANSI STRATEJIK
- TATA KELOLA KORPORAT YANG BAIK
- STRUKTUR DAN DESAIN ORGANISASI
- KEPEMIMPINAN STRATEJIK
- PENGENDALIAN, EVALUASI, DAN KINERJA STRATEGIK
- UAS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar