Mouse
Mouse digunakan sebagai interface titik dan click. Pergerakan mouse
menghasilkan suatu gerakan yang berhubungan dengan pointer pada layar
monitor. Pada umumnya mouse digunakan dalam aplikasi yang berorientasi
grafis, misalnya Windows produksi Microsoft. Perangkat ini pertama kali
diperkenalkan oleh Macintosh dan sangat disenangi oleh pemakai.
Penggunaan mouse baru marak setelah Windows muncul dengan tampilan Graphical User Interface (GUI), yaitu Windows 3.1.
Trackball
Trackball memiliki fungsi yang sama dengan mouse, yaitu untuk memilih
perintah-perintah dari menu tampilan grafis. Bedanya, jika ingin
menggerakkan pointer mouse di layar diperlukan pergeseran mouse,
sementara pada trackball dilakukan dengan menggulirkan bola trackball
dengan jari ke arah yang dikehendaki.
Trackball biasanya digunakan pada komputer laptop karena dapat
menghemat ruang gerak, karena dapat ditempelkan langsung pada laptop.
Jenis perangkat ini perlu sering dibersihkan karena lebih mudah
ditempeli kotoran dari jari tangan pengguna.
Pointing Stick
Jenis perangkat yang biasa juga disebut stylus atau track point merupakan
penunjuk yang berbentuk seperti penghapus karet pada ujung sebatang
pensil yang biasanya terletak pada bagian tengah laptop. Untuk
menggerakkannya dilakukan dengan menekannya dan menggerakkannya ke arah
yang dikehendaki.
Touchpad
Touchpad merupakan perangkat penunjuk yang berupa tempat
datar guna menggeser pointer pada layar monitor dengan menempelkan jari
di atasnya lalu digeser ke arah yang dikehendaki. Untuk melakukan “click”, pada touch pad biasa dilengkapi dengan tombol dekat touch pad
tersebut atau cukup dengan memberikan ketukan halus pada touch pad
tersebut. Jenis pointer ini juga kebanyakan digunakan pada komputer
jenis laptop karen menghemat ruang gerak.
Touch Screen
Touch screen atau layar sentuh merupakan perangkat penunjuk
berupa monitor yang diberi lapisan yang peka terhadap sentuhan.
Fungsinya sama dengan mouse atau jenis pointer lainnya. Layar sentuh ini
biasanya terbungkus oleh bahan plastik yang dibelakangnya terdapat
sinar inframerah yang tidak tampak. Lokasi sinar infra merah yang
terputus oleh tekanan jari ini yang memberitahukan komputer tentang
lokasi perintah yang diinginkan oleh pemakai.
Joystick
Joystick biasa digunakan untuk mengendalikan aplikasi permainan
(game). Pada prinsipnya sama seperti cara kerja mouse. Hanya saja
penggerak penunjuk pada layar berupa tongkat kecil.
Berbentuk pena
Sistem berbasis pena elektronik memungkinkan seseorang memilih,
memasukkan perintah, dan bahkan menerima input berupa tulisan tangan,
jika menggunakan perangkat lunak yang dapat mengenali dan menerjemahkan
tulisan tangan. Contoh pemanfaatan sistem komputer berbasis pena adalah
pena untuk input pada PDA dan berbagai jenis komputer yang dapat
digenggam.
Pen based computer system:
Light pen
Light pen adalah perangkat penunjuk yang berupa pena dan dapat
menghasilakan cahaya, yang digunakan bersamaan dengan sebuah layar yang
peka cahaya (photoelectric). Light pen memungkinkan pemakai menunjuk langsung ke layar di mana pemekai menghendaki pilihan atau perintah yang dijalankan.
Contoh pemanfaatan light pen yaitu pada alat pengendali lalu lintas udara pada bandara. Light pen biasa
digunakan untuk menampilkan informasi lebih rinci mengenai sebuah
pesawat dengan menunjuk perangkat input ini pada obyek tertentu yang
muncul pada radar.
Digitizer
Digitizer tablet merupakan salah satu perangkat digitizer yang dapat
mengkonversi gambar atau foto menjadi data digital. Perangkat ini
berbentuk seperti papan plastik elektronis yang dilengkapi dengan mouse
atau pena elektronis. Tablet akan dapat mengkonversi gerakan tangan
pemakai menjadi sebuah sinyal digital input bagi komputer.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar