Sistem Informasi Manajemen
Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah sistem yang menyediakan
informasi untuk kebutuhan pimpinan tingkat menengah (manajer), baik pada
unit-unit kerja maupun pada sub-unit dalam lingkungan organisasi. SIM
menggunakan data dari sistem pengolahan transaksi bersama dengan data
lainnya, untuk diolah menjadi laporan tertentu. Sistem Informasi
Manajemen (SIM) sering juga disebut sebagai Management Reporting System (MRS)
atau sistem pelaporan manajeman, karena sistem ini menghasilkan
berbagai macam laporan untuk kepentingan manajemen, terutama tentang
berbagai hal yang berkaitan dengan pengelolaan, pengontrolan, dan
pengembangan organisasi.
Beberapa karakteristik utama dari SIM adalah:
- Beroperasi pada tugas-tugas yang terstruktur, dimana prosedur, pengambilan keputusan, arus informasi, format laporan dsb, sudah terdefinisi.
- Bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya.
- Menyediakan laporan untuk keperluan pengambilan keputusan
- Mempermudah akses informasi untuk keperluan manajemen
Pada organisasi yang telah mapan SIM biasa ditemukan dalam bentuk sistem informasi fungsional seperti: Sistem
Informasi Personalia, Sistem Informasi Persediaan, Sistem Informasi
Manufaktur, Sistem Informasi Keuangan, Sistem Informasi Pemasaran,
dan berbagai sistem informasi lainnya sesuai dengan kebutuhan tiap-tiap
unit kerja dalam lingkungan organisasi. Namun yang perlu ditekankan
adalah sistem-sistem fungsional ini jangan sampai menjadi sistem yang
ter-isolasi, berdiri sendiri, tanpa ada koneksi dengan sistem lainnya,
karena sistem-sistem tersebut harus ber-sinergi dalam penyediaan
informasi untuk kebutuhan manajemen organisasi.
Model umum sistem informasi fungsional dapat digambarkan sebagai berikut:
Data operasional sehari-hari dikumpulkan oleh sistem pengolahan
transaksi (TPS) dan menjadi sumber data utama dari sistem informasi
fungsional, data ini menjadi bagian utama dari basis-data untuk SIM.
Sumber data yang lain bisa bersumber pada sistem riset yang melakukan
penelitian tentang berbagai hal yang berkaitan dengan organisasi,
misalnya pada sistem informasi pemasaran maka sistem riset-nya biasa-nya
penelitian tentang pasar, tentang penduduk, tentang produk yang
dipasarkan, dsb. Data hasil riset digunakan sebagai bagian basis-data
yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas atau memperbaiki kinerja. Data
yang bersumber dari luar organisasi dapat dijadikan sebagai data
tambahan untuk melengkapi kebutuhan informasi para pemakai. Data-base
kemudian di-olah menjadi informasi oleh sub-sistem dalam organisasi
sesuai dengan keperluan sub-unit kerja-nya.
Ada empat kategori laporan yang biasanya disediakan oleh SIM, yaitu laporan:
- periodik (periodical)
- insidentil (incidential)
- pengecualian (exceptional)
- perbandingan (comparable)
Laporan periodik adalah laporan yang formatnya telah ditetapkan
terlebih dahulu, dan dihasilkan oleh SIM secara periodik, misalnya
daftar gaji setiap bulan, laporan perkembangan setiap triwulan, laporan
akhir tahun, dsb.
Laporan insidentil adalah laporan yang sewaktu-waktu diminta oleh manajemen, biasa juga disebut sebagai demand report atau ad-hoc report, formatnya
ditentukan pada saat diperlukan, biasanya terjadi ketika rapat pimpinan
memerlukan data penting. Suatu SIM yang baik harus bisa merespons
dengan cepat laporan insidentil, bila tidak mampu maka SIM ini harus
dibangun ulang.
Laporan pengecualian adalah laporan yang hanya muncul pada saat
terjadi sesuatu yang luarbiasa atau tidak normal dalam organisasi,
misalnya ketika terjadi kerugian yang sangat besar, atau ketika terjadi
keuntungan yang sangat besar, dan sebagainya. Ketika pemesanan barang
melampaui batas toleransi misalnya satu minggu, maka jenis barang yang
terlambat ini perlu dilaporkan agar bisa diambil tindakan lebih lanjut
Laporan perbandingan adalah laporan yang menunjukkan perbandingan
antara dua atau lebih dari dua informasi yang serupa untuk bisa
dibandingkan, misalnya perbandingan antara penjualan barang triwulan
pertama dan triwulan kedua, sehingga dapat dilakukan suatu tindakan
apabila ternyata ada penurunan.
Berikut ini adalah model dari Sistem Informasi Pemasaran, salah satu bentuk Sistem Informasi Manajemen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar