Sistem Pakar
Sistem pakar (Expert System / ES) adalah
sistem yang digunakan untuk menggantikan peranan seorang pakar dalam
memberi konsultasi kepada pimpinan dalam organisasi. Pimpinan organisasi
biasa mempekerjakan staff ahli yang memiliki ke-pakar-an dalam bidang
tertentu, misalnya dalam bidang keuangan, bidang pemasaran, bidang
kesehatan, bidang mesin produksi, dan sebagainya. Ketika pakar sulit
diperoleh karena jumlahnya sedikit atau terlalu sibuk dengan pekerjaan
lain, maka diperlukan suatu sistem pakar untuk menggantikan peranan-nya
dalam organisasi.
Ketika suatu sistem pakar akan dibangun,
maka seorang pengembang software (software developer) bekerja bersama
dengan seorang pakar, pengembang ini akan melakukan serangkaian
tanya-jawab (knowledge acquisition) untuk mengumpulkan dasar-dasar
pengetahuan (knowledge base) sang pakar. Dasar-dasar pengetahuan ini
kemudian dialihkan menjadi basis-pengetahuan sistem pakar dalam bentuk fakta dan aturan. Kemudian pengembang membangun suatu mesin inferensi
(inference engine) yang merupakan pembuat keputusan dalam sistem pakar,
mengumpulkan informasi dari user melalui tanya jawab, dan membandingkan
informasi ini dengan basis-pengetahuan, kemudian memutuskan apa yang
harus di-informasikan ke pengguna berdasarkan data/informasi yang
diberikannya.
Ketika seorang pengguna memerlukan informasi dari sistem pakar, maka
mesin inferensi akan mengajukan serangkaian pertanyaan yang harus
dijawab oleh pengguna melalui suatu user-interface (antarmuka pengguna).
Jawaban yang dikumpulkan oleh mesin inferensi kemudian dipakai untuk
menemukan informasi dari basis-pengetahuan, informasi ini kemudian
diteruskan ke pengguna. Apabila pengguna ingin mengetahui lebih rinci
tentang informasi yang diperolehnya maka dapat melakukan klarifikasi
melalui fasilitas penjelas (explanation facility).
Contoh dialog sistem pakar dengan penggunanya adalah sebagai berikut:
Sistem : Halo, saya pakar buah, silahkan jawab pertanyaan saya, ya atau tidak.
Sistem : Apakah warnanya hijau?
User : Tidak
Sistem : Apakah warnanya ungu kemerahan?
User : Ya
Sistem : Apakah batangnya merambat?
User : Ya
Sistem : Apakah bentuknya bulat kecil?
User : Ya
Sistem : Buah yang anda maksud adalah ANGGUR
Agar tanya jawab ini bisa berlangsung dengan baik maka sistem pakar ini harus memiliki basis-pengetahuan sebagai berikut:
Apel : – warna kuning atau merah
- batangnya adalah pohon
- bentuknya bulat sedang
Anggur : – warna ungu kemerahan
- batangnya merambat
- bentuknya bulat kecil
Jeruk : – warna oranye
- batangnya adalah pohon
- bentuknya bulat sedang
Ketika Sistem melakukan tanya jawab dengan User maka jawaban Ya akan
dijadikan basis untuk memeriksa knowledge-base, misalnya pada contoh
diatas data masukan adalah (ungu kemerahan, merambat, bulat kecil) dan
data ini cocok dengan karakteristik dari Anggur, maka jawaban dari
sistem adalah: ANGGUR.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar